Sabtu, 24 Agustus 2019

RPP Sujud Syukur



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :  SMP NEGERI 1 METRO
Mata Pelajaran :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester :  VIII/ 1
Alokasi Waktu :  2Pertemuan ( 6JP )

Kompetensi Inti:
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR

1.5 Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwiberdasarkansyariat Islam
3.7 Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.7 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi,dan sujud tilawah
INDIKATOR
1.5.1 Membiasakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
3.7.1  Menyebutkanmacam-macam sujud
3.7.2  Menjelaskanpengertian sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah
3.7.3  Menjelaskanketentuan sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah
3.7.4  Menunjukkandaliltentang sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah.
3.7.5  Menjelaskan hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud
4.7.1 Melaksanakan tata cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam

MATERI PELAJARAN
Pertemuan 1
Menyebutkanmacam-macam sujud dengan tepat
Menjelaskanpengertian sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah dengan benar
Pertemuan 2
Menjelaskanketentuan sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah dengan benar
Mempraktekkantatacara sujud syukur, sujud sahwidan sujud tilawah dengan benar

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama:
Pendahuluan (15 menit)
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
Membaca al Qur’an surah Ibrahim:7 dengan terjemahnya secara  bersama-sama.
Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
Memberikan tausiyahdanmotivasi pentingnya melakukan amalan-amalan sunnah.
Memberikan appersepsi berbagai kegiatan muslim: mengalami kesuksesan, terhindar dari musibah, ragu-ragu dalam menentukan bilangan rokaat sholat, menjumpai ayat-ayat bertanda khusus (tanda sajdah)
Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 – 5 peserta.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 menit )
Mengamati
Peserta didik memperhatikan tayangan VCD tutorial sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah secara  interaktif.
Peserta didik membaca materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah yang ada di buku siswa.
Menanya
Melalui motivasi dari guru, peserta didik  mengajukan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari hasil melihat tayangan dan membaca materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap latar belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah serta bagaimana mempraktekkannya dengan dalam situasi sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan dari  guru/tayangan audio visual.
Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
Melalui tayangan tutorial yang sudah diputar kembali, para Peserta didik melakukan kegiatan melafalkan bacaan yang dibaca ketika sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah sampai benar, secara individu, kelompok maupun klasikal.
Mengasosiasi/menalar
Peserta didik menginventarisir dan mendiskusikan latar belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.
Mengkomunikasi
Peserta didik yang dianggap paling benar dalam permodelannya, mempraktekkan kembali sekaligus memaparkan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
Peserta didik lain mengamati dan menanggapi terhadap permodelan yang sudah ditunjukkan sekaligus memberi masukan terhadap  pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

Penutup (10 menit)
Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

Pertemuan kedua:
Pendahuluan ( 15 menit)
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
Membaca doa-doa sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah secara  bersama-sama.
Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan apersepsi.
Memberikan motivasi pentingnya kefasihan dalam melafazhkan ayat/doa dalam bahasa Arab.
Memberikan appersepsi pentingnya sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 – 5 anak.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 90 menit )
Mengamati
Peserta didik mengamati presentasi power point tentang materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah yang ditayangkan guru
Menanya
Melalui motivasi dari guru, peserta didik  mengajukan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari hasil melihat tayangan dan pembacaan materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
Melalui tayangan video tutorial yang sudah dilihat, para siswa mendemonstrasikan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah per kelompok.
Kelompok pengamat memberi masukan terhadap pelaksanaan demonstrasi kelompok pelaku.
Peserta didik mencari informasi tambahan tentang pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah Dan cara mempraktekkannya
Mengasosiasi/menalar
a). Kelompok diskusi peserta didik membuat peta konsep materi dan persiapan presentasi materi.
Mengkomunikasi
Kelompok diskusi secara bergantian mempresentasikan materi dengan alat bantu peta konsep.
Kelompok pendengar memberikan masukan terhadap presentasi kelompok pemapar.

c.Penutup (15 menit)
Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
Melakukan penguatan materi pelajaran  hari ini.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut : melanjutkan presentasi kelompok yang belum tampil, penilaian diri dan ulangan harian tulis.
Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

Media/Alat,Bahan  dan Sumber Pembelajaran
Media/alat
Power Point
Gambar
Speaker active
LCD/TV/Laptop
Bahan
Kertasplano
Lem/dobel tip
Sumber Belajar
Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII




Tidak ada komentar:

Posting Komentar